Sabtu, 22 Mei 2021

9 Cara Mudah Tingkatkan Minat Baca Anak


copyright. toledolibrary.org

Assalamu'alaikum brothaa and sistaaa semua…ketemu lagi sama aku.. kali ini kita bahas tentang minat baca anak yuk. Apa sih alasan membaca buku. Masa negara kita dibilang posisinya rendah dalam tingkat literasi. Ish..ish..ish…malu dong. Yuk do something..

Guys, usaha untuk meningkatkan minat baca anak harus dimulai pada ruang lingkup keluarga lho. Agar kelak anak terbiasa membaca sampai dewasa. Minat baca berpengaruh besar pada kesuksesan anak sehingga perlu ditumbuhkan sejak dini. Orang tua harus membiasakan, mengarahkan, dan memberi alasan membaca buku secara teratur. Sehingga dalam diri anak akan tumbuh kebiasaan menjadi pembaca dini yang memiliki minat baca alamiah.

Masa anak-anak adalah masa emas untuk menanamkan sebuah kebiasaan, dan kebiasaan bakal terbawa sampai anak tumbuh dewasa atau menjadi orang tua. Dengan kata lain, jika sejak kecil seseorang terbiasa membaca maka kebiasaan tersebut akan terbawa sampai dewasa.

Nah, beberapa cara yang bisa dilakukan ortu untuk meningkatkan minat baca adalah:

1. Kelilingi anak dengan berbagai jenis buku bacaan.

copyright. berlindewanfridiary.wordpress.com

Anak-anak yang punya berbagai macam bacaan di rumahnya mendapatkan nilai lebih tinggi pada standarisasi tes.

Sediakan koleksi buku bacaan dan majalah yang menarik, sesuai dengan umur mereka. Letakkan buku bacaan di mobil, kamar mandi, tempat tidur, ruang keluarga, dan bahkan di ruang TV.


2. Sediakan waktu luang untuk membacakan buku untuk anak setiap harinya.

copyright. edu-oman.com

Penelitian menemukan bahwa membacakan dengan suara keras secara rutin kepada anak, akan memberikan perkembangan yang signifikan pada pemahaman membaca, kosa kata, dan pemenggalan kata.

3. Buatlah waktu membaca bersama keluarga.

copyright. riverbender.com

Setiap hari sediakan waktu 15-30 menit dimana seluruh anggota keluarga membaca bersama-sama dengan tenang.

Dengan melihat anda membaca akan membuat anak anda ikut membaca. Hanya dengan berlatih 15 menit setiap hari cukup untuk meningkatkan minat baca mereka.

4. Berikan dukungan pada berbagai aktivitas membaca mereka.

copyright. howwemontessori.com

Jadikan membaca sebagai bagian dari kehidupan anak. Biarkan mereka membaca menu, rambu jalanan, petunjuk pada mainan, ramalan cuaca, acara TV, dan semua informasi praktis harian. Dan juga pastikan mereka selalu memiliki bacaan untuk waktu luang mereka ketika sedang menunggu giliran saat pergi ke dokter, atau saat sedang di dalam mobil.

5. Ikuti terus perkembangan membaca anak anda.

copyright. verywellfamily.com

Cari tahu kemampuan membaca yang bagaimana untuk setiap level kelas. Kurikulum sekolah akan memberikan informasi tentang ini.

6. Ortu wajib memperhatikan apakah anak mendapat kesulitan dalam membaca buku bacaannya.

copyright. inc.com

Ini karena para guru di sekolah tidak selalu mengetahui kesulitan atau masalah membaca pada anak-anak sampai masalahnya menjadi serius. Cari tahu apakah anak bisa melafalkan kata-kata, mengetahui kata-kata yang dilihatnya, dan memahami sepenuhnya apa yang mereka baca.

7. Mencari pertolongan secepatnya jika ada masalah dalam membaca.

copyright. theknowledgereview.com

Masalah dalam membaca tidak akan hilang begitu saja seiring berlalunya waktu. Semakin cepat anak mendapat bantuan, maka makin makin cepat mereka menjadi pembaca yang baik. Pastikan anak anda mendapatkan bantuan dari guru-guru mereka, pembimbing, atau pusat pembelajaran secepatnya.

8. Pakailah cara yang bervariasi untuk membantu anak membaca.

freepik.com

Untuk membantu anak dalam mengembangkan kemampuan membaca, gunakan berbagai buku pedoman, program komputer, dan materi-materi lain yang tersedia di toko. Permainan merupakan pilihan yang baik, karena cara ini akan membantu anak mengembangkan kemampuan mereka sambil bergembira.

9. Perlihatkan antusias anda saat anak membaca buku bacaannya. 

freepik.com

Reaksi anda memiliki pengaruh yang besar pada seberapa tinggi motivasi mereka untuk berusaha menjadi pembaca yang baik. Pastikan anda memberikan pujian yang tulus atas usaha keras mereka. Apabila perlu, beri hadiah kepada mereka sebagai pendorong atas aktivitas mereka dalam membaca. Sehingga upaya ini akan memberikan dorongan bagi anak untuk lebih gemar membaca dan mencintai buku-buku.

Usia dini adalah kesempatan emas bagi anak untuk belajar, sehingga disebut usia emas (golden age). Pada usia ini anak memiliki kemampuan untuk belajar yang luar biasa khususnya pada masa kanak-kanak awal. Mengingat usia dini merupakan usia emas maka pada masa itu perkembangan anak harus dioptimalkan.

Gimana guys, ternyata ga sulit kan? Yuk sama-sama kita tingkatkan minat baca pada anak. 

Stay Beauty, Cool, Wild and Young!



2 komentar:

  1. Artikelnya keren Mbak.
    Setuju banget nih, minat baca harus dibangun sejak dini.
    Memang ortu harus telaten dan fokus saat mendampingi anak beraktivitas dg buku.

    BalasHapus
  2. Iya mbak, bersusah payah diawal, memetik hasil manis kemudian ;)

    BalasHapus