Jumat, 28 Mei 2021

5 Web Edukasi Sumber Pelajaran Selama Pandemi

 

freepik.com

Hai Moms, masih semangat kan untuk menemani anak belajar di rumah. Walau sulit, tapi pelajaran selama pandemi harus tetap berlangsung ya.

Pandemi sudah berlangsung setahun lebih, yang mana untuk mengurangi penyebaran wabah ini pemerintah terpaksa menutup sekolah-sekolah. Dan akibatnya anak terpaksa harus belajar selama daring.

Untuk mengisi waktu luang anak setelah selesai mengerjakan tugas dan pembelajaran dari sekolah, ada baiknya kita mengarahkan mereka untuk mengakses website-website seru yang mendidik.

Kabar baiknya, ada banyak website keren gratis yang bisa kita coba. Berikut beberapa website keren untuk sumber pelajaran selama pandemi:

Code.org

code.org

Cod.org adalah adalah lembaga yang bertujuan untuk memperluas akses ke ilmu komputer. Misinya adalah agar setiap orang dapat belajar ilmu komputer khususnya pemrograman. 

Code.org berharap bahwa ilmu komputer dapat diterapkan di kurikulum pelajaran bersama pelajaran science, technology, engineering, dan mathematic (STEM) seperti biologi, fisika, kimia, dan algebra.

Web ini menyediakan kurikulum komputer untuk anak usia TK-SMA.

Kurikulum dan bahan ajar yang tersedia dirilis dalam lisensi Creative Commons dan dapat digunakan secara gratis.

Khan kids

khanacademy.org


Khan Academy Kids adalah aplikasi pendidikan gratis dan menyenangkan. Kurikulumnya cukup lengkap untuk belajar anak-anak.

Disini anak bisa belajar tentang matematika, seni, pemrograman komputer, ekonomi, fisika, kimia, biologi, kedokteran, keuangan, sejarah, dan lainnya.

 

Serusetiapsaat.com

serusetiapsaat.com


Web ini punya banyak kumpulan ebook berbahasa Indonesia dengan ilustrasi dan cerita yang menarik.

Bisa dinikmati secara online atau diunduh terlebih dahulu. Cerita-cerita disana sederhana, ringan, dengan ilustrasi unik khas anak-anak. Sangat menyenangkan. Dan tentunya gratis.

Belajar.kemdikbud.go.id/


Portal Belajar adalah website yang berisi banyak bahan belajar. Bisa dipakai oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), sampai Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.

Semua konten yang ada di Rumah Belajar bisa diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Website kesukaan mimin nih, isinya sering banget ditambah. Juga karena merupakan web resmi pemerintah, semua info pelatihan dan aturan-aturan pendidikan terbaru ada disini.

Ya walau terkadang bahasanya birokratis banget alias sedikit ruwet (ups), tapi kalau kita mau menyelam di website ini, dijamin bakal dapat banyak banget modal untuk pelajaran selama pandemi untuk anak kita.

Coursera.org

coursera.org


Coursera ini berisi kelas-kelas online dari berbagai universitas ternama di dunia.

Sebagian besar kelas coursera gratis, namun ada juga beberapa kelas yang berbayar karena menyediakan sertifikat.

Sasarannya untuk usia SMA keatas dan umum. Secara umum bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Namun ada beberapa kelas yang sudah menyediakan translasi ke Bahasa Indonesia.

Website ini sangat rekomen untuk meningkatkan skill terbaru guna mencari pekerjaan. Dari kelas bahasa, pengembangan diri, menggambar, desain, sampai pemrograman, semua lengkap ada disini.

freepik.com

Sebagian besar situs edukasi anak di atas memakai bahasa inggris sebagai pengantarnya. Tapi jangan khawatir, ini justru jadi kesempatan bagi Moms dan anak untuk belajar menggunakan bahasa inggris secara nyata.

Oiya, untuk anak-anak usia 0-4 tahun sebaiknya Moms tidak perlu mengajak mereka berselancar internet ya. Cukup carikan dan cetak konten yang menarik minat anak. Selanjutnya, ajak mereka bermain bersama.

Untuk anak usia sekolah dasar dan remaja, Moms bisa memasang aplikasi parental control yang bisa mengawasi kegiatan anak saat berselancar internet.

Dari beberapa website keren diatas, anak dan bahkan kita sendiri bisa bisa belajar dengan tenang dan aman. 

Internet punya banyak sumber pelajaran selama pandemi yang yang keren dan memuaskan. Karena ilmu tidak harus mahal dan sulit untuk diakses.

Yuk manfaatkan waktu bersama anak dengan sebaik-baiknya.

 

Semangat Moms!

Stay Beauty, Young and Wild!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar