Rabu, 26 Desember 2018

Surabaya-Balikpapan Via Kapal Laut? Cara dan Rasanya...


Well well well...selamat beraktifitas untuk kalian semua...
Untuk kali ini, aku akan menceritakan pengalamanku bepergian dengan kapal laut lintas pulau. Penasaran kan? Jangan di skip, siapa tau ada dari kalian yang butuh info atau berencana untuk pindah di pulau lain, baca terus sampai selesai...

Kenapa aku dan suami memilih untuk pakai kapal laut untuk ke Balikpapan?
Karena kami bawa mobil dari Jawa, so pilih angkutan yang pastinya bisa bawa mobil kami juga, apalagi kalau bukan pakai kapal laut..
Kenapa kok enggak di cargoin atau dikirim aja mobilnya? Trus kalian naik pesawat aja gitu?
Hmm...bukan enggak percaya sih sama service pengiriman mobil, tapi kami (baca: aku dan suami) pengen tahu dan pengen ngerasain rasanya naik kapal laut...kami belum pernah berpergian dalam rute yang lama dengan kapal laut. Kalo Cuma nyebrang ke Bali aja sih pernah. Tapi kapal yang dipakai itu lho, beda bangett...
Caranya gimana? Tetap pakai biro jasa tiket kapal laut nggak?
Jawaban nya iya. Nah akan aku kasih penjelasan lebih lagi ya, apa aja yang harus kamu lakukan untuk berencana pergi atau mudik keluar pulau via kapal laut...

1. Tetapkan Tujuan dan Cari Informasi Kapal Laut!

Dulu sempat bingung, karena tempat tinggal kami di Semarang, kami ragu apakah ada Kapal Laut dari pelabuhan Semarang ke Balikpapan. Ternyata setelah cari informasi lewat web dan ke pelabuhan semarang, ternyata ada sih kapalnya. 3 bulan sebelum berangkat, kami memang menjaring semua informasi mengenai rute kapal laut.
Setelah cari informasi lain di internet, ketemulah rute Surabaya-Balikpapan. Dan kami menetapkan tujuan berangkat dari Surabaya, kenapa? Memang ada kapal yang berangkat dari semarang tujuan Bontang atau Balikpapan tapi sayangnya kapal itu hanya mengangkut penumpang saja, tidak dengan mobil. Padahal tujuan kami menganggkut beserta mobilnya.
Itulah kenapa akhirnya kami memilih Surabaya sebagai destinasi keberangkatan.

2. Cari Jasa Expedisi Yang Terpercaya

Loh, memang ga bisa apa beli di Pelabuhan? Bisa, tapi kemungkinan habisnya lebih tinggi. Karena saingan kita itu angkutan besar seperti truk dan bus besar yang punya link kedalam karena mereka terbiasa. Nah kami akhirnya mencari jasa ekspedisi yang punya kantor di dalam tanjung peraknya, dan ketemu. Kami memilih CV Silvi Nur Cahyani, kami hubungi lewat telpon dan whatsapp. Awalnya ragu apakah ini tipu-tipu atau benaran. Hahahaa wajar, orang jaman sekarang sering memanfaatkan kondisi orang lain.
Setelah kami deal harga dan penjelasan dari orang yang punya CV nya, kami meminta untuk tetap dikabari mengenai perubahan jadwal kapal. Ternyata kapal juga ada jadwalnya dan tidak selalu tepat jadwal! Ingat itu. Tergantung faktor cuaca dan ombak di lautan.


Kebetulan pada saat itu kami berangkat memakai kapal Mutiara Ferindo 1 yang super duperr gedee bangettt...ga tau ada berapa kali lapangan bola...

3. Mempersiapkan Persyaratan Untuk Pendaftaran Penumpang dan Mobil

Okei, tahap selanjutnya, setelah kami paham dengan alur dan penjelasan jenis kapalnya, kamipun menyiapkan semuanya. Mulai dari uang, sudah tentu, dan dokumen.
Untuk penumpang, kami harus mengumpulkan scan KTP dan KK (bagi yang sudah berkekuarga). Dan untuk mobil, STNK lengkap beserta BPKB nya.

Untuk yang pengen tahu biayanya, dulu kami bayar segitu, termasuk orang dan mobilnya. Untuk harga mobil bisa macam-macam tergantung tipe kendaraan yaa...
Karena banyak, aku minta untuk memberi uang muka dulu, seperti yang ada di foto. Dan membayar sisanya saat kami bertemu di tanjung perak. Dan mereka menyetujuinya...Hell Yeahh!

4. Mengikuti Alurnya Sesuai Petunjuk dari Jasa Ekspedisi

Setelah menerima tanda bukti pembayaran, kami dikawal langsung oleh CV nya sampai naik ke atas kapal dan masuk ke kamar. Oh iya, lupa, jadi didalam kapal laut ini ada beberapa ruangan, ekonomi, dan kelas bisnis. Kami memilih kelas bisnis karena dalam 1 kamar hanya berisi 2 orang saja.
Dari datang ke pelabuhan sampai naik ke atas kapal itu membutuhkan waktu sekitar 6 jam...hahahaa lamaaaa...sampai bisa tidur dulu...

Singkatnya, setelah cv nya mengantar kami selamat sampai kamar, kami baru memberikan sisa uangnya hahahaa...dan kami dapat tiket berbentuk selembar kertas. Aku lupa sih kertasku ada dimana dulu, jadi ini kucarikan contoh lain yang sama persis...
Seperti itu ya gambarnya. Ada nama pemesan, dan dapat kupon makan juga di dalam fasilitasnya...di bagian bawah juga ada keterangan nama kapal dan angkutan mobil kita...

5. Enjoy The Journey di Dalam Kapal Laut

Aku ada beberapa foto bagian kapal, tapi beberapa hilang. Jadi yang ku pakai cuman beberapa foto saja ya. Untuk kondisi didalam kapalnya sendiri sangat amat nyaman, kecuali bagian toilet. 



Karena kami bersamaan dengan supir2 truk yang kencing sembarangan di toilet bahkan ada yang tidak di guyur iewhh....arrghhh...tapi untungnya ada akses kamar mandi bagus di dalam kapal...setidaknya kami bisa mandi lah ya...

Seperti itulah informasi yang bisa kubagi, kalau ada pertanyaan bisa tulis di komentar bawah atau siapa tau ada yang mau tanya-tanya lebih jauh lagi bisa komen juga yaa..
Semoga infonya bisa menambah pengetahuan buat kalian yaa...
Stay Beauty, Young, and Wild!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar